Ikuti Ekspedisi NKRI 2015

Latar Belakang

TNI AD tahun 2016 kembali menyelenggarakan Ekspedisi NKRI Papua Barat dengan menghimpun matra lain TNI AL, TNI AU, POLRI serta elemen bangsa lainnya yang disatukan dalam satu wadah yaitu Ekspedisi NKRI. Ekspedisi NKRI ini merupakan ekspedisi yang istimewa dikarenakan, Ekspedisi NKRI merupakan kegiatan lintas peserta, lintas matra, lintas lokasi, lintas kegiatan serta lintas keilmuan, dimana semua komponen bangsa bersatu dalam menciptakan sinergitas dalam bingkai “Silahturahmi Nasional”. Peduli dan Lestarikan Alam Indonesia adalah tema dari Ekspedisi NKRI 2016, ekspedisi ini terbuka bagi Mahasiswa dan Umum dengan sifat sukarela (volunteer).
Berdasarkan evaluasi beberapa pelaksanaan kegiatan Ekspedisi NKRI, serta kesimpulan dari diskusi-diskusi, maka salah satu penunjang faktor keberhasilan dari Ekspedisi NKRI adalah faktor peserta. Pada Ekspedisi NKRI tahun 2014 seleksi mulai diterapkan sebagai penyaring untuk mendapatkan peserta yang mumpuni walaupun seleksi tersebut belum sepenuhnya menjadi alat ukur.

Salah satu misi dari Ekspedisi NKRI 2016 adalah meningkatkan kualitas dan nilai jual dari Ekspedisi NKRI dan titik awal dari misi tersebut adalah terukurnya semua kegiatan Ekspedisi NKRI, termasuk dengan diperjelasnya kriteria seleksi bagi calon peserta. Kenapa harus ada seleksi untuk ikut dalam ekspedisi ? itu adalah pertanyaan yang mendasar. Salah satu latar belakang diadakannya seleksi dalam ekspedisi adalah ekspedisinya sendiri merupakan suatu kegiatan yang menguras fisik, pikiran dan kemampuan dimana peserta akan dihadapkan dengan lingkungan baru diluar lingkungan kesehariannya, peserta dipaksa untuk keluar dari zona nyamannya, peserta akan menghadapi tekanan beban tugas serta tanggung jawab yang besar dalam jangka waktu lama, peserta akan dituntut untuk bisa bertahan dalam kondisi apa adanya, alokasi jumlah peserta yang terbatas di dalam ekspedisi dan yang paling utama peserta tidak akan mendapat imbalan secara materi. Hal tersebut adalah tantangan bagi peserta dan tujuan dari ekspedisi adalah melahirkan individu baru yang lebih baik sehingga Ekspedisi NKRI membutuhkan calon-calon peserta yang kualifikasinya diatas rata-rata.

Untuk Ekspedisi NKRI 2016, proses rekruitmen calon peserta mengalami perubahan dimana calon peserta dibagi dua yaitu : Jalur Mahasiswa untuk calon peserta yang masih kuliah dan berkeinginan memanfaatkan Ekspedisi sebagai kegiatan akademis dan Jalur Umum untuk calon peserta dari umum, relawan, yang sudah tidak kuliah/lulus, atau mahasiswa yang tidak akan memanfaatkan Ekspedisi sebagai kegiatan akademis. Juga calon peserta dibedakan dalam 2 bagian yaitu Peserta Pusat yaitu peserta hasil rekruitmen yang lolos seleksi yang berasal dari luar lokasi Ekspedisi dan Peserta Wilayah yaitu peserta yang berasal dari lokasi ekspedisi yang diberikan kehormatan sebagai tuan rumah tidak mengikuti seleksi.
Dari setiap pelaksanaan Ekspedisi, animo serta komposisi asal dari peserta ekspedisi semakin banyak dan luas menyebar ke seluruh wilayah NKRI sehingga bingkai “Silahturahmi Nasional “ benar-benar terlihat dalam Ekspedisi NKRI. Untuk pemerataan kesempatan komponen bangsa lainnya mengikuti Ekspedisi NKRI maka dalam Ekspedisi NKRI 2016, Kodam-kodam dilibatkan dalam perekrutan calon peserta ekspedisi khususnya untuk calon peserta dari Jalur Mahasiswa, akan diseleksi tahap I (seleksi administrasi) di tingkat Kodam. Bagi peserta yang lolos seleksi tahap I akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya dengan pola diasramakan di Pusdikpassus Batujajar Kab Bandung Barat.

Mengingat hal hal diatas maka perlu ditetapkan mengenai prosedur serta mekanisme seleksi tahap I sebagai panduan Kodam melaksanakan seleksi. Seleksi Tahap I merupakan seleksi administrasi yang meliputi verifikasi serta validasi berkas persyaratan administrasi yang wajib disiapkan oleh calon peserta (lihat Diagram Rekruitmen).

Lokasi

PAPARAN TIM SOSIALISASI KPD UNIVERSITAS 201616

KELOMPOK KEGIATAN

Ekspedisi NKRI 2016 melaksanakan beberapa kegiatan yang ditawarkan kepada calon peserta untuk bergabung dalam tim Ekspedisi NKRI yaitu :

1. Tim Penelitian, diperuntukan bagi Mahasiswa atau Umum yang memiliki kompetensi dan berminat sebagai Asisten Peneliti dalam bidang penelitian sebagai berikut:

a. Bidang Penelitian Flora & Fauna : Pendataan dan pemetaan yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati di wilayah Papua Barat

b. Bidang Penelitian Kehutanan : Pendataan dan pemetaan yang berkaitan dengan pengelolaan kawasan hutan dan kehutanan di wilayah Papua Barat.

c. Bidang Penelitian Geologi : Pendataan dan pemetaan yang berkaitan dengan geologi di wilayah Papua Barat.

d. Bidang Penelitian Potensi Bencana : Pendataan dan pemetaan yang berkaitan dengan berbagai kondisi yang menyebabkan atau berpotensi terjadinya bencana wilayah Papua Barat.

e. Bidang Penelitian Sosial Budaya : Pendataan dan pemetaan yang berkaitan dengan semua bidang kehidupan masyarakat di wilayah Papua Barat

2. Tim Pengabdian Masyarakat, diperuntukan bagi Mahasiswa atau Umum yang memiliki kompetensi dan berminat dalam pengabdian masyarakat dengan bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

3. Tim Database dan Media, diperuntukan bagi Mahasiswa atau Umum yang memiliki kompetensi, keahlian serta berminat dalam pengelolaan database, dokumentasi (fotographer & sinematografi), penulis, pustakawan dan paham akan media online dan offline.

PERSYARATAN UMUM

1. Warga Negara Indonesia dengan usia minimal 20 tahun.
2. Memiliki integritas, loyalitas, mampu bekerja sama sebagai tim dan komitmen terhadap tugas.
3. Berjiwa yang mandiri, dapat beradaptasi pada lingkungan baru.
4. Memiliki kemampuan menggunakan software pengolah kata (minimal MS Word dan MS Excel) serta paham akan internet.
5. Menentukan pilihan minat keterlibatan dalam ekspedisi :
o Tim Penelitian dengan posisi sebagai Asisten Peneliti dengan latar belakang keilmuan yang serumpun untuk penelitian-penelitian sebagai berikut :
– Bidang Flora Fauna dengan konsentrasi flora atau fauna
– Bidang Kehutanan
– Bidang Geologi
– Bidang Potensi Bencana
– Bidang Sosial Budaya
o Tim Pengabdian Masyarakat
o Tim Database dan Media
6. Bersedia mengikuti Tahapan Seleksi serta siap ditempatkan dimana saja.

PERSYARATAN ADMINISTRASI

1. Berbadan sehat dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari instansi terkait.
2. Bebas dari Narkoba dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari instansi terkait
3. Membawa Surat Ijin Mengikuti Ekspedisi NKRI dari Perguruan Tinggi atau Organisasinya ditandatangani oleh pihak yang berwenang.
4. Membawa Surat Ijin Mengikuti Ekspedisi NKRI dari Orang Tua / Wali.
5. Mengisi Biodata / Riwayat Hidup dengan formulir yang telah disediakan.
6. Melampirkan tanda pengenal ( KTP / SIM / KTM )
7. Pas photo ukuran 4×6, untuk laki-laki berlatar belakang biru dan perempuan berlatar belakang merah.
8. Menyerahkan tulisan maksimal 200 kata tentang alasan, motivasi, tujuan dan apa yang akan dilakukan dengan mengikuti ekspedisi sesuai dengan minat yang dipilihnya.
9. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan sebagai peserta Ekspedisi diatas materai.

PERSYARATAN KHUSUS untuk Calon Peserta Mahasiswa

1. Untuk mahasiswa S1 minimal semester 5, mahasiswa D3 minimal semester 4 yang dibuktikan oleh transkrip nilai semester terakhir, tidak memanfaatkan Ekspedisi sebagai kegiatan akademis.
2. Melampirkan Surat Pernyataan Cuti Kuliah yang diketahuai oleh pihak berwenang

PERSYARATAN KHUSUS untuk Calon Peserta Mahasiswa K2N

1. Mahasiswa yang akan memanfaatkan kegiatan Ekspedisi sebagai Kuliah Kerja Nyata (K2N), melampirkan Surat Keterangan Kuliah Kerja Nyata dari lembaga yang mengijinkan mahasiswa tersebut menjadikan Ekspedisi NKRI sebagai kegiatan K2N yang ditandatangani oleh pihak yang berwenang.
PERSYARATAN KHUSUS untuk Calon Peserta Mahasiswa Skripsi

1. Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dan akan memanfaatkan Ekspedisi NKRI sebagai lokasi penelitian skripsi wajib menyerahkan Proposal / Usulan Penelitian (UP) yang ditandatangani oleh Ketua Komisi Pembimbing (pembimbing utama atau yang setara) atau Surat Keterangan Penelitian Skripsi dari lembaga yang mengijinkan mengikuti penelitian skripsi di lokasi Ekspedisi NKRI yang ditandatangani oleh pihak yang berwenang.
PERSYARATAN KHUSUS untuk Calon Peserta Mahasiswa K2N & Skripsi

1. Mahasiswa yang akan memanfaatkan kegiatan Ekspedisi sebagai Kuliah Kerja Nyata (K2N) dan Penelitian Skripsi, melampirkan Surat Keterangan Kuliah Kerja Nyata dari lembaga yang mengijinkan mahasiswa tersebut menjadikan Ekspedisi NKRI sebagai kegiatan K2N yang ditandatangani oleh pihak yang berwenang dan menyerahkan Proposal / Usulan Penelitian (UP) yang ditandatangani oleh Ketua Komisi Pembimbing (pembimbing utama atau yang setara) atau Surat Keterangan Penelitian Skripsi dari lembaga yang mengijinkan mengikuti penelitian skripsi di lokasi Ekspedisi NKRI yang ditandatangani oleh pihak yang berwenang

PERSYARATAN KHUSUS untuk Calon Peserta dari Umum

1. Peserta dari Umum adalah mereka yang telah lulus SMA/SMK sederajat, Diploma, S1, S2 dan S3
2. Melampirkan ijazah terakhir yang dilegalisir.

Mempunyai kompetensi / kemampuan dalam bidang kegiatan alam terbuka atau keterampilan lainnya (fotografi, sinematografi, SAR, komputer, media dll) yang dibuktikan dengan Sertifikat, Piagam, Surat Keterangan atau Portofolio dll.

JADWAL WAKTU EKSPEDISI NKRI 2016

TAHAP PERSIAPAN
1. Pengumuman Ekspedisi NKRI 2016: 1 Nov s/d 24 Des 2015
2. Pendaftaran secara online: 5 Nov s/d 24 Des 2015
3. Upload berkas pendaftaran: 6 Nov s/d 24 Des 2015
4. Penutupan Pendaftaran: 24 Des 2015
5. Pengumuman Seleksi Tahap I: 24 Des 2015
5. Konfirmasi Kehadiran Seleksi Tahap II: 25 Des 2015 s/d 3 Jan 2016

TAHAP PELAKSANAAN
1. Pendaftar Pusat masuk asrama: 4 Jan 2016
2. Seleksi Tahap II: 5 – 8 Jan 2016
3. Pembukaan Pembekalan/Pra Ekspedisi: 9 Jan 2016
4. Pembekalan/Pra Ekspedisi: 10 – 27 Jan 2016
5. Pengumuman Peserta Ekspedisi: 27 Jan 2016
6. Penutupan Pembekalan/Pra Ekspedisi: 27 Jan 2016
7. Pembukaan & Pelepasan Ekspedisi: 28 Jan 2016
8. Persiapan Pergeseran:29 – 31 Jan 2016
9. Pergeseran ke lokasi Ekspedisi: 1 – 3 Peb 2016
10. Adaptasi dan Pengenalan Wilayah: 4 – 9 Peb 2016
11. Pelaksanaan Ekspedisi: 9 Peb s/d 25 Mei 2016
12. Kembali dari Wilayah Ekspedisi: 26 – 28 Mei 2016

TAHAP AKHIR
1. Pembulatan & Evaluasi: 29 – 30 Mei 2016

Diagram Alur Pendaftaran

Tata Cara Peserta Eksp NKRI Pabar 2016 revisi 310

Info lebih lanjut: Klik ini

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s