Jagongan Media Rakyat 2012

Jagongan berarti berbincang-bincang antara dua orang atau lebih dalam suasana yang hangat dan penuh persaudaraan. Bagaimana kalau yang jagongan adalah para blogger dari seluruh penjuru Nusantara?

Nah, di Yogyakarta tanggal 23 – 25 Februari 2012 ini, COMBINE Resource Institution akan bikin acara namanya Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012. Mau tahu apa itu JMR? Silahkan baca rilis mereka di bawah ini

Hari ini bermedia perlahan menjadi habit. Salah satu kegiatan bermedia yang kian massif ialah internet yang membuka ruang bagi masyarakat untuk mengekspresikan gagasannya. Apalagi kini teknologi telepon selular berbasis internet semakin gampang diakses di pelbagai pelosok daerah Indonesia. Bukan hal aneh lagi jika warga desa mulai ngeblog, ngetweet, dan facebook-an.

Untuk daerah yang tak terjangkau akses internet, baik secara kabel pun nirkabel, media seperti radio komunitas yang sudah lebih tumbuh di pelosok desa menjadi alternatif media yang lebih tenar. Sampai kini tersebar lebih dari 600 radio komunitas di seluruh Indonesia. komunitas pun berkembang begitu pesat dan ditandai dengan banyaknya lembaga film independen dan festival film. Keterlibatan warga ini telah melahirkan genre baru dalam media, yaitu jurnalisme warga.

Keragaman isi dalam media komunitas ini telah memberikan warna bagi dinamika media di Indonesia. Unsur lokal di setiap daerah menjadi begitu kental dan memperlihatkan kekayaan budaya Indonesia. Kini saatnya untuk kumpul lagi untuk bertukar pengalaman, gagasan, dan jejaring, di antara media-media komunitas.

Pada 2010, COMBINE Resource Institution (CRI) menyelenggarakan Jagongan Media Rakyat I. Forum untuk membagi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam mengelola informasi dan mengorganisasi masyarakat. Forum ini juga merupakan pertemuan bagi semua pihak untuk saling berjejaring dan melakukan gerak bersama di masa depan.

Tahun ini CRI bersama dengan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”, ICT Watch, Rumah Blogger Indonesia, Joglo Abang, dan Jogja Update kembali menghelat Jagongan Media Rakyat 2012 untuk kedua kalinya di Kampus Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”. Forum Jagongan Media Rakyat 2012 ini menjadi penting seiring dinamika dan perkembangan media teknologi informasi yang kian hebat. Jangan sampai komunitas tertinggal terhadap kemajuan jaman.

Forum bersama ini akan mempertemukan banyak pelaku pengelola jaringan informasi rakyat untuk merintis bersama gerakan di masa depan demi penguatan masyarakat sipil. Mereka butuh dukungan mengelola media-media rakyat baik sekarang pun esok. Denga begitu cita-cita masyarakat yang mampu menggunakan media sebagai saluran informasi dan komunikasi menjadi terwujud. Selama 3 hari kegiatan (23-25 Februari 2012) akan ada 1 seminar nasional, 37 worskhop, 7 dialog, 5 pemutaran dan diskusi film, serta 6 sesi pementasan seni (acara masih dapat bertambah). Sekira 3000 pengunjung akan terlibat dalam forum bersama ini.

Bagaimana? Tertarik untuk ikut? Kalau ada Sedulur Sulang Online yang tertarik untuk hadir, bisa langsung mengunjungi http://jmr2012.combine.or.id/ atau kalau membutuhkan bantuan selama di Yogyakarta silahkan menghubungi 0818469457/ email: desa.sulang@gmail.com.

Salam

Editor Sulang Online

5 thoughts on “Jagongan Media Rakyat 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s