Buah Lama Semangat Baru

image: http://www.eastjava.com

Jauh hari sebelum minuman populer dari tanah Paman Sam ditemukan, di Sulang sudah ada minuman dan buah segar yang semriwing yang juga bakal membuka semangat baru. Legen dan Siwalan.

Oleh: Didik Salambanu

Foto : Dwiyoga N

Sekilas buah ini mirip dengan buah kelapa namun lebih kecil.Warnanya ungu tua sampai hitam, dengan pucuknya kekuningan. Dalam poros bulir dengan daun pelindung yang besar, apabila dibelah akan terlihat dinding buah tengah berserabut dengan buah keras berjumlah selalu tiga. Daging buahya putih transparan dan sedikit berair. Dan sebagian pohon lagi hanya tampak tangkai-tangkai kembang yang bercabang, serupa tanduk rusa, menjulur-julur di sela kuncup bunganya.

Dialah pohon siwalan, dalam bahasa latin Borassus flabellifer, yang di-Dologan-kan bogor, di-Indonesia-kan menjadi lontar dan di-english-kan sebagai toddy palm, wine palm, atau palmyra Palm.

Sunset Among Bogor Tree in Jatimudo Sulang

Bagi masyarakat Sulang, pohon siwalan yang berbuah dinamakan ‘bogor wedok’. Buahnya dinamai siwalan. Sedangkan pohon siwalan yang ‘bertanduk’, hanya sempat berbunga tanpa pernah berbuah, dinamai ‘bogor lanang’. Bogor lanang adalah penghasil air nira, yang tak asing disebut legen. Pemberian nama ini adalah hanya ‘local genius’ wong ndeso Sulang untuk membedakan jenis kelamin betina dan jantan pohon Siwalan.

Tanaman ini hanya cocok tumbuh di daerah yang beriklim kering, di ketinggian 0-800 m dpal, bercurah hujan rendah (rata-rata 63-117 hari/ tahun), bersuhu optimum 30 deg C, dan hidup di tanah yang mengandung pasir. Sesuai dengan karakteristik kondisi alam Kabupaten Rembang, khususnya Kecamatan Sulang.

Desa Jatimudo adalah salah satu sentra habitat pohon Siwalan di wilayah Kecamatan Sulang, bersama Desa Tanjung dan Desa Bogorame.

Bila kita berkesempatan njajah deso Jatimudo, yang tampak adalah hamparan pohon siwalan yang ngrembuyung, tumbuh subur di galeng-galeng, yang keberadaannya multifungsi, sebagai pelestari dan penjaga ekosistem lingkungan, glugu-nya pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, daun lontar sebagai bahan kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi, sekedar patok pembatas tanah, sekaligus produk buahnya berperan utama dalam menambah penghasilan dari usaha sampingan para petani desaku.

Bogor Dempet di Tapa'an Sulang, tingginya lebih dari 25 m

Berkah yang dibawa ‘pohon langka’ sebagai second business bagi petani tentulah buah siwalan itu sendiri, yang laku jual dan banyak diburu. Buah siwalan enak dimakan langsung, atau pelengkap isi menu es buah. Rasanya yang manis, kenyal, dan bertekstur lembut, tidak jauh beda dengan kolang-kaling, begitu menggoda dan memanjalan lidah penyantapnya.

Bogor Lanang pun tak ketinggalan memberikan kontribusi ekonomis sebagai penghasil air legen. Citarasa air legen yang manis, berpadu tarikan rasa masam yang kuat, dengan backing aroma bersoda, sangat segar dan nikmat sewaktu membasahi lidah dan kerongkongan, menuntaskan dahaga penimumnya setelah bergelut dalam panasnya alam Rembang..

Bila ingin mendapatkan kadar soda yang tinggi, air legen cukup diisikan ke dalam kendi dari tanah liat, ditutup rapat-rapat, didiamkan hingga beberapa minggu, jadilah minuman kontroversial, tuak. Dan konon, air legen dipercaya meningkatkan vitalitas, pencegah sakit maag dan doping alami untuk menjaga stamina tubuh.

Penjual Legen

Kalau di Amrik sono perlu bantuan mesin produksi yang mahal untuk menghasilkan minuman bersoda, atas kemurahan-Nya, di bumi Sulang langsung disediakan oleh alam lewat ‘kebaikan’ pohon siwalan. Biarlah negeri Paman Sam bangga dengan merek Coca Cola yang mendunia, namun negeri Lek Karjo cs ini pun tak kalah bangga dengan minuman legennya.

Hanya saja, kekurangan air legen dan siwalan adalah barang musiman, hanya bisa dijumpai ketika musim kemarau tengah melanda, di rentang Bulan Maret hingga Bulan September setiap tahunnya.

5 thoughts on “Buah Lama Semangat Baru

  1. Nimbrung takon, opo ono pengolahan liyane nek sulang (Jatimudo)? koyo to dadi gula siwalan. Padahal nek dadi gula siwalan kan isa awet lan hasile (duit) luweh gede.

    Kalo ada tulung informasine…ke email noorprasetya@yahoo.com

  2. Buah lama yo menawa buah sing wis ana sakdurunge mbahe kene lair…nk buah anyar kan koyok pelem gadung maagkleh menawa. Halah ngono atek mbok pekarakno leh Ju Sarju…alok ngeband ae kene mulehhhh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s