Sulang dan NKRI

Sulang adalah saksi bisu dalam perjalanan sejarah NKRI. Pujangga besar kita, Pramoedya Ananta Toer, mencatat pernah terjadi pertempuran yang hebat antara Tentara Siliwangi dan Pasukan Merah di Sulang.

Catatan itu tertuang di salah satu cerita pendek di buku Cerita Dari Blora. Setidaknya Pram menyebut Sulang, yang berjarak tiga puluh kilometer dari Blora, sebanyak 3 kali. Settingnya sekitar tahun 49-50. Kira-kira ketika agresi Belanda ke 2 di Indonesia. Saat itu ada sebuah bangunan Belanda (sekolahan) yang digunakan warga Sulang untuk menahan pasukan Merah yang kocar-kacir diserang Siliwangi. Tahanan di gedung itu kemudian dibebaskan oleh pasukan Merah dari Rembang sebelum kemudian diserbu kembali oleh Siliwangi.

Bahwa, menurut Pram, Sulang pernah dikuasai Merah. Jika itu fakta sejarah maka tidak bisa kita hindari. Yang bisa kita lakukan sekarang adalah agar siapapun yang pernah terlibat konflik di masa lalu itu bisa melakukan rekonsiliasi. Juga agar kita tidak terus menerus hidup dalam suasana yang curiga atau syak wasangka.

Adakah kira-kira para sesepuh di Sulang yang bisa kita minta menuturkan pengalamannya? Barangkali peristiwa itu traumatik bagi para pelakunya. Tetapi saya pikir jangan sampai kita tidak tahu perjalanan sejarah yang pernah terjadi di sekitar kita sendiri. Sekali lagi tidak dalam rangka menguak luka lama dan “mengadili” orang-orang yang dianggap bersalah waktu itu.

Karenanya teman-teman yang berniat untuk menelusuri kisah-kisah semacam itu dari para sesepuh di Sulang harap menahan diri dan jangan terburu-buru dalam mendapatkan informasi.

Semoga ada yang tertarik dengan lontaran ini.

2 thoughts on “Sulang dan NKRI

  1. Ho’oh, Sulang memang memendam misteri yg blm terkuak. Tak hanya tentara merah yg pernah singgah, tentara hijau pun katanya lahir atas obsesi seorang tokoh yg pernah dibesarkan di desa ini. Selamat mengeksplorasi, Brow! (@Gus Gobang: Tumben dah muncul, garapan pe er nya dah rampung ya?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s