Butuh Sharing, Festival Band

Buat temen2 sulang online, terutama para pemangku sulang online semuanya, saya mau minta saran dan bantuannya nih. Mudah-mudahaan dengan berkonsultasi sama mas-mas dan mbak-mbak bisa ngasih masukan dan saran ke saya.

Begini, melihat banyak sekali para pemusik muda-muda di Sulang terutama setiap saya pas nongkrong di studio musik BR, banyak sekali anak latihan band setiap harinya dari band kalangan SMP sampai SMA dan para pengangguran pun banyak sekali dari mereka meluangkan ide kreatifnya untuk bermusik di BR studio.

Nah berdasarkan latar belakang permasalahan tadi, saya ada keinginan untuk mengadakan festival band di Sulang. Acaranya akan kita laksanakan pada bulan Mei karena pada bulan mei khususnya tanggal 20 Mei adalah Hari Kebangkitan Nasional.

Mungkin di antara Teman-teman ada yang mau memberikan sumbangsih tenaga untuk membantu terlaksananya acara atau menjadi panitia, atau mungkin juga dari Teman-teman mempunyai chanel dalam hal pendanaan atau apalah demi terlaksananya acara ini. Trims.

Zuden Oon email: zuden_oon@yahoo.co.id.

43 thoughts on “Butuh Sharing, Festival Band

  1. makasih mas2e dah ngasih saran dan pemikiran2 yang cemerlang sori g pernah koment, insyallah acara parade band di kecamatan jadi tgl 23 minta doa dan dukunganya dan kehadirannya he.he

  2. Info saja buwat den mas zuden, di Malang ada desa wijen (kalu nda salah nama ndesone lho!) atau di Bandung ndesa Ujung Beurung….., dua desa ni luuuaaarrrr biasa, aktivitas berkesenian penduduknya huueebat tenan. Sehari-hari mereka dagang baso, ngewaroeng, bertani, sekolah, ngajar, ngantor, tapi kalu bicara soal musik jangan ditanya..metal & ng’rock abis. Deep purple, whitelion, sepultura, radiohead, rolling stone…, hueaabbbatttnya lagi kedua ndesa itu punya kalender event taunan… yang namanya pesta rakyat, seluruh warga turun kabeh bikin acara; ada waroeng kreatif, festival rock n’deso, jajanan pasar kaget dsb..dsb…
    Ini bisa dimulai den mas zuden and sobat2 sulang, mbikin komunitas “BENGKEL KREATIF SENI SULANG” yang anggotanya sopo wae,…nah kalu dah ada, ueenak, tinggal bikin kegiatan mingguan…, cari lapangan…gelar acara pasar loooaaaxx (recycle), jd yg mau jualan barang2 bekasnya karena mo ganti baru, ato mau jual tapi malu2…monggo ini tempatnya….., dah tinggal kasih panggung, sound sytem…silahkan manggung…., wah pasti ruame…, SORRY INI IDEU SAJA….MOGA MOGA INI LANGKAH AWAL.. MENUJU FESTIVAL BAND YG DIMAKSUD…., murah-meriah
    Bravo….

  3. matur tengkyu atas masukannya prend…
    kebetulan hooks salah 1 panitiane! sampe saat ini proposale dah jalan ke beberapa sponsor, tapi rung ttd MoU, rencanane awal bulan depan.. dongakno ae pren! ato mungkin da yang punya jaringan?
    oia..lomba lelete gk sido, gk di acc sponsor!hehe, mungkin laen x.. ato bole juga tuh ngipine dusone

  4. adakah yang berminat,untuk menindaklanjuti sebuah mimpi :

    SULANG ART FESTIVAL

    dlm rangka memperingati : ?
    rangkaian acara :
    1. festival jajanan/makanan tradisional
    2. lomba gambar, baca puisi –>utk pelajar
    3. panggung tradisi–>rodad,hadroh
    4. panggung musik modern,band
    5. dialog budaya dg Gus Mus?
    6. panggung wayang kulit

    adakah?

  5. @ Duz: Gung ono kabare, jare wis entuk supongsor rokok. Trus ono lomba ngopi eh ( nglelet rokok ), tapi sayange bakule lanang Duz. Piye, macem tara?

  6. @dui:nduwe band tapi g punya personil,hanya punya namanya aja ndes…kangkan minor.hehe
    mengko tak nonton wae karo blethik.

  7. Musik….Kesenian….Tu adl mutiara yang terpendam sebagian besar warga sulang…Dg adanya Festival ato parade musik yg mo diadakan ni, bisa menggugah kembali mutiara2 yang lama terpendam itu..ehem..(puitise leh..)
    Ide bagus boz,,segera dibentuk EO mlai skrg aja..jo trlalu ndadak…oce..Semangat!!

  8. sudah sepantasnya, yang punya ilmu berbagi, yang lebih bisa/tau menularkan kpd yg belum/kurang tau..mari dukung, gagasan ini butuh suport dan ide2 agar menjadi baik..walau sederhana tapi bagus! ayo sodara2 contreng sajah! lhoh?!

  9. Sak benere aku karo totok (kithut) wis pernah mbahas arep ngadakke parade musik ng Sulang pren, tapi iseh durung ketemu wektu sing pas. sing kedua Studio BR biar tambah rame pemusiknya.Gimana Sodara2 setuju ra?

  10. untuk semua rekan: Dimana-mana kalo mau ada acara di sulang pasti panitia kelabakan masalah duit, kok keliatannya baru WW Cellular yg udah kasih harapan. Bagaimana kalo SO bareng2 kembangkan sayapmu untuk ide generasi muda? Kalo masalah tropy, Rizqi Anugrah Tiram tempatnya bantuan.

  11. Cuman usulan doank: Kalok boleh milih waktu, untuk festival atawa parade musik bisa ngambil momentum 20 Mei (Harkitnas) atawa 1 Juli (hari Bhayangkara) atawa lagi 17 Agustusan (HUT RI ke 69). Dan pagelaran wayang kolaboratif kalok jadi sebaiknya dipaskan hari ke 2 atawa ke 3 lebaran Idul Fitri (akhir Septembaer)*halah halah*

  12. wadoh…soal tupas gak bisa janji, coz krn kesibukan masing2 n wis kaku nyekel alat,he…btw, makasi tawarannya

  13. wah itu menarik jg mas, insyaallah ntar qita bahas di rapat pembentukan kepanitiaan klo perlu ntar mas dusone ikut hadir biar ada penasehate lewat pemikiran-pemikiran mas dusone yang cemerlang. nanti pastinya kpn pembentukan kepanitiaan saya beri tahu…oh y mas dusone klo bisa tupas band dengan formasi yang dulu ikut mengisi acara

  14. parade tersebut juga bisa dibarengi dg adanya germas (gerakan massal) yg melibatkan banyak massa, misal jalan santai, menanam 10 pohon, dll yg semuanya start-finish di lap kecamatan..piye? mayan to?

  15. sory bgt mas2 yg sudah ngasih saran-sarane. Nah klo gini qt jd smngt untuk mewujudkan kegiatan ini….. besok klo ak dah pulang aku tak sharing-sharing ma pak khid…. nih lg sibuk ngurus wisuda he.he…. biar lbh akrab nama saya bangjay atau mucry anak tegalsari (Antegsar). Ini sy jg dah sedikit demi sedikit buat proposal rencananya pamflet kita sebarin ke 4 kecmtn yaitu sulang bulu gunem dan sumber tempatnya di kecamatan nanti jurinya para musisi sulang yg udah tua tp hebat. Anda th sendiri siapa dia…. oh y mksh mas ww Cell atas dukungannya….dan pak khid.. mangke kulo takkepanggih jenengan nggeh pak..nyuwun saranipun….bravo sulang

  16. Wuih, Maung Bandung ngebrowsing sambil ngantor rupanya, he he he. Oh ya, kalok ada waktu silahkan ditaut dg email2an untuk Mas Hang cs (kakak misannya Editor) alamat emailnya://yuhan61@yahoo.com. Beliau kayaknya juga punya jejaring peduli budaya di kalangan intelektualis ITB. wah! Mudah2an jejaring SO tambah keren dan bermanfaat. Okai, Men, he he he….

  17. betul pak kid,kalo belum tahu jalannya memang kayaknya berat tapi kalo sudah sering ngadain acara parade seperti itu lama-lama terbiasa juga bahkan saya ada teman yang awalnya hanya iseng ngadain acara parade tapi setelah tahu seluk beluk nyari sponsor dan perijinan lama-lama ngadain parade dan festival itu dia jadikan profesi tapi jeleknya itu dia sampai meninggalkan bangku kuliah…

  18. Ide yang bagus. Saya yakin segenap komunitas SO dan warga Sulang akan mendukungnya.
    Tambahan masukan: (1) Anda hrs yakin dan semangat untuk mewujudkan ide Anda tsb, (2) carilah teman/partner untuk mengolah ide Anda, bisa temen sejawat bisa temen yang lebih senior, bahkan para sesepuh/pinisepuh yang Anda pandang dpt memberikan dukungan ide Anda, (3) Niatkan bahwa obsesi Anda ini demi kemajuan kreativitas kawula muda Sulang secara keseluruhan, (4) Ancar2 waktu dan bentuk kegiatan bisa dipola setelah Anda konsultasikan dg temen2 Anda, (5) Saya pengin kenal Anda lebih dekat agar “sharing”nya lebih familier. Ok? Selamat berjuang, sahabatku.

  19. pada tahap awal memang agak susah nyari sponsor yang bertaraf nasional misalnya sponsor salah satu produk rokok yang memang agak ribet syaratnya,cari dulu pengusaha lokal yang mau peduli kegiatan pemuda ,istilahnya nglobi dulu lah…kalo pengalaman saya dulu nyari dana ya dari mereka saja yang mau tampil di parade terutama anak smp/sma semangat banget tuh berapa pun bayarnya pokoknya bisa tampil,ini bisa dimanfatin dengan mengadakan audisi dulu disalah satu studio yang bisa diajak join diskonan/kalo bisa gratisan lalu booking seharian dan peserta harus bayar,setelah itu umumkan yang berhak tampil dipanggung(cuma formalitas saja,semua boleh tampil)dan sebelum naik panggung peserta menyelesaikan administrasi dan bayar biaya sound…biar pesertanya banyak memang harus nyari bintang tamu(lokal saja),jangan lupa ijin keramaian pada pak pol..

  20. Pertama, saya salut dengan gagasan Mas Zuden Oon (ada yang bisa ngasih clue siapa beliau ini?). Kedua, niatkan bahwa kegiatan ini akan berlangsung lebih dari sekali, untuk mengantisipasi ketakutan atas sindrom kesusu ilang yang menggelayuti semangat Sulangers. Ketiga, tentu saja festival (atau usulan istilah parade juga menarik, tuh) ini yang paling dekat adalah untuk konsumsi warga Sulang dan sekitarnya. Jadi, PR Anda adalah mengemas sebuah event yang tidak berjarak dengan masyarakat sekitar. Tidak berjarak itu salah satu unsurnya melibatkan situasi terkini di Sulang dan sekitarnya. Misal memasukkan peduli lingkungan dalam tema. Keempat, tidak perlu membayangkan sebuah event yang sangat mewah dan membutuhkan sarana pendukung yang terlalu jedhug-jedhug. Ini membantu kita untuk menghemat. Kelima, soal sponshor itu penting tapi jangan dianggap satu-satunya yang utama. Yang paling penting adalah semangat kebersamaan. Makanya saya juga setuju istilah Pakde Dusone “parade” lebih pas. Misalnya Anda memakai logika bahwa event ini adalah ekspresi seni warga Sulang dari berbagai latar belakang. Sekolah, lembaga pemerintah (termasuk TNI & Polri) anak muda, pondok pesantren, pedagang pasar, awak angkutan, ojeg, dan banyak lagi yang lainnya. Keenam, meneruskan poin ketiga, apakah mungkin menggunakan venue lebih dari satu tempat. Misalnya, balai desa, pasar/Kecamatan, lapangan, SMP, sambongan, tugu payung, di atas angkot, dll. Agak repot memang, tapi ini akan mendorong warga kita untuk saling mengunjungi. Apalagi kalau masyarakat sekitar lokasi bersedia menjadi tuan rumah. Jadi bisa terbantu banyak. Repot, kan? Wuah, saya sendiri jadi kerepotan juga membayangkan usul saya yang pating plekunik ini. Semoga membantu. (Last, matur ke Ki Dhalang saja. Pasti beres.)

  21. bikin panitia, proposal yg jelas dan menarik, kerjasama ma FGMS ato SO,

    nek aku kok mending jgn festival, tapi parade,,dan walopun jdlnya parade, tapi ada penilainya juga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s