Nasir, del Piero van Karanganyar

Teks: Sabdopalon

Foto Munasir Kecil dan keluarga klik di sini.

Inilah salah satu gelandang serang energik yang pernah dimiliki Sulang. Nasir. Gelandang dengan pergerakan yang eksplosif dari sisi kiri ke sisi kanan dan sebaliknya sepanjang pertandingan. Stamina dan kemampuan ini didapatkan dari latihan yang rutin setiap hari di lapangan yang kebetulan berada di depan rumahnya.

Nasir adalah tipe pemain yang lincah dan licin sehingga pemain bertahan lawan selalu mengalami kesulitan untuk mengawalnya. Hanya ada dua cara yang sering dilakukan pemain lawan untuk menghentikan pergerakan Nasir: dijatuhkan atau diganduli tangannya. Kalau kedua cara tersebut tidak mampu dilakukan, artinya Nasir akan bebas leluasa merobek-robek daerah pertahan lawan.

Gol-gol yang tercipta sering terjadi melalui pergerakan bola dari kaki ke kaki yang cepat menjadi ciri kerjasama Nasir dan kawan-kawan. Tidak berlebihan mengingat postur tubuh pemain Sulang tidak terlalu ideal untuk pola bola-bola panjang. Ciri khas permainan bola-bola pendek dari kaki ke kaki menjadi pilihan yang sesuai untuk tim sepakbola Sulang ketika itu.

Dan pada masanya, Nasir membawa permainan bola-bola pendek Sulang cukup disegani dalam kompetisi sepakbola Rembang. Tidak berlebihan, mengingat pada masa tersebut Sulang memiliki playmaker dengan kerjasama tim yang cukup rapi : Nasir, Udin, Mat Anom, Martono, yang bisa saling mengisi pada posisi-posisi yang kosong.

Tendangan melengkung menerobos barisan pagar betis pemain lawan, tidak keras, namun mampu melewati kepala pemain lawan, tiba-tiba menukik tajam masih dalam pola gerakan lengkungan dan masuk ke gawang tanpa mampu diantisipasi penjaga gawang lawan. Itulah tendangan khas Nasir, gelandang serang energik yang pernah dimiliki Sulang. Tendangan pisang yang hanya dimiliki segelintir pemain seperti Alesandro del Piero; baik karena bakat maupun karena latihan yang teratur. Dan Nasir memiliki tendangan pisang karena kedua hal tersebut.

Pernah satu ketika terjadi sepak pojok. Nasir berada di sudut lapangan untuk bersiap-siap mengambil tendangan. Martono, Udin, Mat Anom, Shor, Ngah, masih berusaha keras untuk lepas dari kawalan pemain lawan. Dua pemain belakang lawan berjaga pada setiap gawang, sementara penjaga gawang melihat ke sudut lapangan. Sesekali ikut mengamati pergerakan pemain sepakbola Sulang yang berada dalam kotak penalti.

Sesaat sang pengadil meniup peluit memberikan aba-aba pada Nasir untuk segera melakukan tendangan sudut. Sekali ini, Nasir melakukan tendangan sudut dengan tendangan pisang dan bertenaga. Bola meluncur dalam pola melengkung dengan keras mengarah ke gawang yang tidak terjaga. Dan gol, karena penjaga gawang salah mengantisipasi arah gerak bola dan tidak menyangka Nasir akan melakukan tendangan pisang mematikan yang langsung mengarah gawangnya.

Penjaga gawang yang mati langkah memuluskan bola masuk gawang. Dan untungnya, wasit berada di dekat gawang sehingga mengetahui betul bahwa telah terjadi gol. Sebagai catatan yang cukup menggelikan, pada masa itu; gawang di lapangan Sulang tidak memiliki jaring. Saiki piye? Ojo-ojo wis gak ono sak gawang-gawange…🙂

Kedisiplinan dalam menjaga stamina, mengantarkan putra pak Jiin pemilik tendangan pisang ini diterima di Kepolisian. Setelah beberapa puluh tahun, kabarnya saat ini telah menjadi salah satu Kapolsek di Sulawesi. (Atau lebih tepatnya bertugas di mana dan sebagai apa, tolong kalau ada data yang lengkap mas Du bisa langsung dibetulkan).

OK, Ndan.Terima kasih untuk keindahan tendangan pisangnya. Masih bergiat dengan sepakbola di tengah kesibukan berdinas?

9 thoughts on “Nasir, del Piero van Karanganyar

  1. Benana’s Kick ala Nasir si black sweet …. Ho-oh Ki Sabdopalon leser …. eh, leres. Saya masih terkesan juga. Kabarnya memang sdh menjabat Kapolsek di wil Sulsel, dan kabarnya msh aktif di dunbal sbg coach Ke11an POP di POLRES …. (maaf, saya lupa kab mana di Sulsel). Salut, Ki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s