Ngangsu

Teks: Dwiyoga Nugraha

Ya lebih popular di sebut Ngangsu (Ya! Ngangsu). Kalo Ngasu (tanpa tambahan “ng” ditengahnya) memang masih sering di ucapkan, tapi ini ambigu atau istilah enggresnya cenderung distinctive meaning, nek sampeyan menyebut ‘Ngasu’ ini hampir sama artinya dengan meng-animalisasi sesorang “Menjadi Asu”. Mangkanya hati-hati membedakan dua kata ini. Yo wis iku gak penting.

Beberapa tahun belakangan Sulang diramaikan dengan budaya baru. Orang hilir mudik bawa jerigen di sepeda atau diangkut songkro. Cari air buat kebutuhan harian. Beberapa tempat yang masih jadi tumpuan pujaan para sedherek yang Ngangsu ini ada di lokasi Banyurowo, beberapa sumur di sana masih ada airnya walo sudah masuk kemarau. Bagi Sodara yang sekarang tidak berada di Sulang silakan bersyukur tidak kesusahan air. Tapi (semoga menjadi kenyataan) sebentar lagi Sulang akan mempunyai alat distribusi air bersih dengan memanfaatkan air Telaga Sambongan. Di perkirakan Alat ini untuk sementara bisa menjangkau sampai dengan Sulang bagian Utara (Brang Lor). Nek Sulang iso di jangkau alat kuwi kabeh lha terus mata pencahariane Kang Empet piye?

14 thoughts on “Ngangsu

  1. ngangsu sampe nginep2 ne sumur nunggu giliran entuk banyu pernah tak lakoni. kadang aku berpikir sampe kapan koyo ngene iki? moso sampe tuek sampe anak cucu? tapi pas wingi aku pulang kampung, ne ndologan wis persiapan bangun tandon gawe penampungan banyu, jare tonggo2ku banyune y soko sambongan. alhamdulillah semoga terwujud so g perlu ngangsu sampe nginep maneh. hehe… jadi curhat nich. tapi itulah kenyataan, sulang n daerah sekitar emang identik ngangsu saat musim kemarau panjang. iya ga sobat… sing penting kita terus berusaha mencari solusi agar g ngansu lagi. bagaimanapun keadaan sulang aku tetep bangga lahir n dibesarkan disulang tercinta. ok semangat ngangsu haha….

  2. Superman2 Sulang masih banyak lo! Kalo dikumpulin dan di trining center mungkin cukup untuk satu tim basket atawa voli, antara lain Kang Empet, Jojon Wiwik, Lik Surip danyang prapatan, Mas Githuk Karangtingklang, Tris Ba’so Karangtingklang, Lik Mur Mbah Usup, Lik Kris Mbah Usup, Mas Sa’ad Bagong Branglor, Mas Dilla, dan sang Kapten tentu saja Bah Dowo Kekuk. Hemmmmh ….. pasti heboh abiiizzz ….. !

  3. Kalau setahun atawa dua tahun mendatang Sulang bener2 relatif cukup aer (selain dipasok dari Sambongan juga ditunjang dari bendungan Panohan) dan kalo Kang Empet kehabisan job, ada yang lebih pas untuknya, yaitu sbg pemain basket pro untuk Sulang. Gimana Du? Cocok banget to? Selain dianya super rosa juga super penthiiit ….

  4. yah memang kegiatan ngangsu di sulang ga ada matinya
    akuu waktu smp kelas 3 n smu kelas 1an pernah ngerasain ikut ngangsu…
    aku dulu ngangsu di kemadu…
    di tempatnya pak muhadi(bapake putut,wawan atau ragil)
    aku dulu ngangsu balik 2x walau walau ngangkatnya cman dari mobil sampe ke kmr mandi tapi kan 10-13 jurigen
    tapi itu nikin ototku sedikit berisi
    waktu itu musimnya engkol, ya lumaya aku dulu di smp 2 rbg klo pas istirahat ngetes otot ma temen2 sebaya… ya lumayan dehhhh
    ngangsu ga bakalan bisa aku lupakan dehh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s