Yang Bisa Bikin Hijau

tree

Saudara-saudara, ini sama sekali tidak berhubungan dengan uang yang sering bikin mata jadi hijau. Mbak Inu membukakan mata kita tentang pohon yang bisa menghijaukan bumi ini.

Teks: Ika Nugraheni a.k.a INU*

28 November lalu telah ditetapkan oleh Presiden SBY menjadi “Hari Menanam Pohon Indonesia” dan bulan Desember ini menjadi “Bulan Menanam”. Namun demikian, tidak berarti kita gak bisa nanam pohon di bulan lain dong. Asal satu syarat wajib dapat dipenuhi. Betul! Air!

Nah, berikut ini sedikiiiit dari sekian buanyak jenis tanaman kayu maupun buah yang bisa jadi pilihan blogger buat ditanam di Sulang “the Texas city” (he he).

Tanaman Kayu

trembesi1. Trembesi (Rain tree, Samanea saman, konon diintroduksi ke Indonesia oleh Belanda dari Semenanjung Yucatan Meksiko)

Merupakan tanaman pelindung yang sangat cocok untuk penghijauan karena karakteristik kanopinya (tajuk daun) mirip payung. Tanaman ini dapat bertahan hidup 2-4 bulan lebih lama di daerah dengan curah hujan < 40 mm/tahun (rata-rata Kab. Rembang 1.044 cm3/tahun). Dan yang lebih hebat lagi, pohon ini sangat jago dalam memerangi polusi karena tak kurang dari 28.488,39 kg CO2 diserap setiap tahun. Sayangnya, dari pohon trembesi ini kita cuma bisa memanfaatkan kayu serta bijinya yang dikenal dengan nama “mindik” (ngomong2, Mang masih ada yang jual mindhik goreng wedhi?)

mahoni2. Mahoni (Swetinia macrophylla asal HIndia Barat dan Afrika)

Adalah tanaman tropis yang menyukai tempat terbuka. Tahan hidup di tanah gersang dan kondisi kering. Daunnya evergreen alias hijau sepanjang tahun karena gak punya siklus meranggas. Kualitas kayu mahoni sedikit di bawah jati, cocok untuk bahan bangunan dan furnitur.

Seresah daunnnya penting buat input bahan organik tanah walaupun menurut beberapa orang jadi keluhan .

foto-jati3. Jati (Teak (Inggris), Tectona grandis)

Rupanya yang satu ini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat kita karena hasil kayunya yang kesohor (termasuk golongan Kayu Indah).  Berperilaku meranggas dimusim kemarau. Tapi pas awal musim penghujan daun-daun jati juga habis. Bukan karena perilaku meranggasnya, tapi karena dimakan ulet daun yang kemudian bertransformasi menjadi ungker, sumber protein tinggi (awas biduran bagi yang gak tahan!).

4. Jati Putih (Gmelina arborea), Akasia (Acacia auicoliformis, mangium, dll), Sonokeling (Dalergia latifolia), Sengon (Albizia falcataria), Jabon (Antochepalus cadamba), Sungkai (Peronema canescen), Mindi (Melia azedarach), Kayu Afrikana (Maeosopsis eminii), Beringin (Ficus benjamina) dan masih buanyak lagi tanaman kayu lainnya.

Tanaman Buah

mangga1. Mangga (Mangifera indica L, asal : India)

Tidak diragukan lagi untuk tanaman buah yang satu ini. Buahnya disuka semua orang karena sumber  vitamin, mineral dan serat alami yang penting buat tubuh. Dan yang pasti dijamin cocok ditanam di tempat kita.

nangka2. Nangka (Artocarpus heterophyillus L; asal : India)

Kita juga pasti sudah familier dengan buah nangka alias si Jack fruit. Buah muda maupun tua sama-sama bisa dimanfaatkan. Kayunya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, perkakas, furnitur, kerajinan dll. Sama seperti mangga, nangka dapat tumbuh baik di Sulang.

sukun3. Sukun (Artocarpus altilis (Parkinson) Fosberg)

Masih saudara dengan nangka. Dikenal dengan nama buah roti atau bread fruit karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Dapat tumbuh baik ditanah berkapur dan tanah berpasir dengan curah hujan 1.500 – 3.000 mm/tahun. Namun, dia masih dapat tumbuh dan berbuah lebat pada daerah dengan sedikit bulan basah seperti Flores dan Madura. Sebagai indikator, apabila tanaman kluwih dapat tumbuh baik maka tanaman sukun-pun pasti tumbuh baik pula.

Sukun untuk Sulang? Whay not?

kapuk-randu4. Kapuk Randu (Ceiba pentandra ; asal : Amerika Selatan)

Di daerah pertanian (menjelang Desa Kaliombo) banyak dijumpai tanaman ini. Bagian yang diambil adalah buah kapuknya. Karena jarak tanamnya yang lebar, maka bisa ditumpangsarikan dengan budidaya palawija seperti jagung, kacang tanah, atau padi gogo guna optimalisasi lahan.

5. Rambutan (Nephelium lappaceum L)

Salah satu tanaman asli Indonesia. Tumbuh baik diketinggian 0 – 600 m dpl dengan iklim basah merata sepanjang tahun dan bulan kering 1-3 bulan. Sayangnya, kalau melihat syarat tumbuh, Sulang kurang sesuai untuk budidaya tanaman rambutan.

6. Tanaman buah laen seperti Duet, Jambu Air, Melinjo, Asam Jawa dan kawan-kawannya.

Ada tambahan? Nah Blogger, mau pilih yang mana?

25 thoughts on “Yang Bisa Bikin Hijau

  1. lha kalo sapi alias wepy itu apanya sapidi ya..? btw untuk editorman nasib tulisan saya gmana ya kok ndak muncul,apa nyasar ke email orang.dikonfir ya..

  2. O-o-o-oooo, baru tahu gua sekarang. Jadi Sapidi itu adiknya Sapi’i ya Duz ? Kalok gitu kan keponakannya Sapinah sama sama Sapirah, tul nggak Cah Pasar ? Gobangnya mana ya? nanti kalok dia melu ngadat berarti ya termasuk keluarganya Sapini! Apa gitu ya Mas Uud?

  3. udah gak ngadat, lancar. Tapi sekarang Pendeks net udah punya rival baru. Di selatan prapatan ada warnet dgan 5-6 bilik privat. lesehan. Speed nya sih sama sama aja 12-13 gitu.

  4. Mohon maaf, saya terlewat mengekspose Ficus benjamina alias pohon beringin yang kaya manfaat bagi sekitarnya.
    Bagi blogger yang berdiam diSulang, seandainya ada yang tertarik nanem sengon, kalo cuma sekilo-dua kilo biji (sekilo biji sengon bisa berisi 30.000-an biji mungkin malah lebih) insyaalloh saya bisa usahakan.
    anggap 80% daya kecambahnya dan dari 80% yang hidup 60% siap salur. kalo dari sekilo biji (asumsi 30.000 biji) maka kita punya 22.500 bibit siap tanam. bisa sepanjang jalan kenangan tuh….
    yang tertarik silakan menghubungi saya ya

  5. disini bukan ada atribut parpol tapi berdasarkan pengamatan yang belum terungkap oleh inu n bloger lainnya

    di sini jangan ada penunggangan gologan yang tidak jelasss

    kita bloger independen yang pengen sulang IJO ROYO ROYO

  6. agaknya sulang memerlukan pelopor2 lingkungan yang secara ikhlas membangun lingkungan sulang jadi rimbun,yang namanya pelopor itu ya tahan banting dan bekerja kontinyu dengan jiwa tanpa bayaran,tapi gek sopo yang mau?

  7. sebangsa pinus..ak ingat dl d pgr jalan kan ada pohon2 gt..tp,tlg kalo bisa dikoordinir gerakan penanaman,dg melibatkan aparat desa tentunya,shga tdk brenti sebatas wacana saja..

  8. Maturnuwun Mas Editor.Weh…tampilane jadi keren gitu, ada poto2ne segala he he.
    Kalo saya pengennya sambongan cepet penuh lagi, biar kran tempat cuci piring bisa ngalir.
    Hati rasanya ayem dan tentrem bila air tersedia melimpah Pakdhe Kid.

    Hayo, pohon apa lagi ya kira2?

  9. yo..peh bapake golkar dadine ringin.tp oke deh…nek pete utawa jengkol teng sulang saged urip mboten nggih mbak inu?

  10. Welcome The New Lady Kontributor. Transformasi iptek untuk Sulang online makin seru. Mudah-mudahan bloger lainnya makin semangat. Sulang malam ini turun hujan agak lumayan. Dengan demikian Mbak Inu gak pati mikir Wildan nek pak pung piye.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s