Sedikit tentang SD N Sulang 01

sd-1sulang

SDN Sulang 01 terbukti telah banyak melahirkan siswa-siswi berprestasi baik di tingkat lokal maupun nasional.  Salah satunya, ya penulis sendiri. (Ed).

Teks: Devi Nurhilyati Mirza a.k.a Mbak Fifi*

Foto: Dwiyoga Nugraha

Sejujurnya kehidupan saya secara perhitungan matematis waktu memang lebih banyak saya habiskan di luar Sulang. Namun sebagai seorang yang pernah hidup di desa Sulang, saya tergerak untuk menorehkan sedikit kenangan selama saya bersekolah di SD tercinta ini.

Mungkin juga saya menulis karena terinspirasi Laskar Pelangi milik Andrea Hirata yang menceritakan sebuah sekolah desa terpencil di Belitong dengan segala kompleksitas kesederhanaannya namun sarat akan prestasi yang diraihnya. Prestasi bukan hanya kemenangan siswanya dalam menjurai event perlombaan tertentu, namun juga keberhasilannya dalam menelorkan bibit-bibit bangsa yang memiliki high quality skill dan personality.

Estafet pendidikan dasar saya setelah berpindah-pindah dari beberapa sekolah dasar di Kota Magelang akhirnya bermuara di SDN Sulang 01. Saya berpindah ke Sulang karena mengikuti orang tua yang pindah tugas ke Rembang. Orang tua saya memilih memasukkan anak-anaknya ke SDN Sulang 01 karena SD ini (dengan tidak bermaksud merendahkan SD lain) termasuk SD favorit di Kecamatan Sulang. Selain itu tentu saja karena jarak yang dekat dengan rumah saya yang berada di Kauman.

Saya tercatat sebagai siswa baru di SDN Sulang 01 dari tahun 1990 – 1993. Dari enam tahun pendidikan dasar yang saya tempuh memang kurang lebih 3 tahun saya tempuh di SD Sulang 01. Ada banyak kenangan yang kalau diingat terasa lucu. Sebagai seorang anak baru pindahan dari kota, saya terbengong bengong ketika sehabis jam olah raga hampir semua anak (saat itu 25 siswa) pergi ke sungai untuk mandi (bahasa kerennya ciblon). Ritual mandi sehabis olahraga memang biasa dilakukan mengingat olahraga yang seringkali kami lakukan adalah olahraga kasti bagi cewek dan sepakbola bagi cowok dimana olahraga ini memerlukan energi extra dan sering membuat badan jadi kotor. Karena kami tidak punya lapangan yang cukup luas seperti SD 3 dan SD 4, Kami menggunakan lapangan di belakang kantor kecamatan yang sebenarnya lebih tepat disebut kebun kelapa karena ada beberapa pohon kelapa. Jadi bisa dibayangkan bagaimana kotornya kami ketika kami harus berolahraga di musim penghujan.

Selain ritual ciblon, ada hal lain yang mengasyikkan yaitu pelajaran bercocok tanam. Pelajaran ini memang tidak termasuk dalam kurikulum yang sudah paten, tapi entah mengapa di hampir tiap jenjang kelas yang saya jalani, acara bercocok tanam di kebun belakang sekolah menjadi suatu aktivitas rutin. Ada berbagai tanaman yang kami tanam, seperti ketela, jagung, mangga, dan lain sebagainya. Terkadang saking asyiknya bercocok tanam ini membuat jam istirahat menjadi molor. Mungkin bapak dan ibu guru saking semangatnya ingin berpartisipasi dalam program go green kale ya.

Hal lain yang ga kalah mengasyikkan adalah kuliner khas SDN Sulang 01. Hampir di setiap pagi, warung nasi Bu Pangi (Mbahe Faijun) jadi langganan siswa untuk sarapan. Dengan menu andalan nasi terik serta pincuk dari daun pisang sambil ndodok alakadarnya di pinggir jalan membuat sense of eatnya terasa mak nyooss joss gandosss. Kuliner lain yang juga asyik untuk disantap di kala istrirahat adalah krupuk gorengan wedi dengan sambel dan manisan gulali.

Dari segi prestasi, SDN Sulang 01 terbukti telah banyak melahirkan siswa siswi yang berprestasi baik di tingkat lokal maupun nasional dimana pada akhirnya siswa dan siswi tersebut sekarang banyak yang telah menjadi orang-orang yang sukses.

Saya sungguh bangga dan terkesan dengan perkembangan yang positif dari SD ini. Sarana belajar mengajar yang bertambah baik dan nyaman (parameter saya dalam menilai adalah bentuk fisik bangunan yang bagus dan bersih) serta adanya kegiatan ekstrakulikuler yang juga menghasilkan prestasi semisal hadroh. Dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler tentu saja akan menambah kreativitas siswa.

Sebagai mantan siswi SDN Sulang 01, tentunya saya berharap kualitas yang sudah baik ini dipertahankan dan SDN Sulang 01 tetap menjadi SD favorit di Kecamatan Sulang. Melalui tulisan ini saya juga turut mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Achmad Anom, Bapak Darmin, Ibu Endang, Ibu Eni, Ibu Titik serta Ibu Kepala Sekolah yaitu Bu Mino yang telah mendidik saya hingga saya bisa menjadi seperti sekarang. Engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa bagiku dan bagi anak-anak didikmu.

*Penulis adalah alumnus SD N 1 Sulang dan sekarang bekerja di BRI Jepara. No telpnya … rahasia saja, ah.

38 thoughts on “Sedikit tentang SD N Sulang 01

  1. Mas2,Mbak2 alumnus SDN 1 Sulang, perkembangan prestasi SDN 1 Sulang tidak perlu diragukan lagi sudah bisa meraih Juara 1 Nasioanal bulan Juni 2013 kemarin di kota Medan,yaitu dalam rangka Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) cabang lomba Pidato Bahasa Indonesia.

    Adik kelas kalian Muhammad Wildan Rosyid didampingi bu Faizah kapala sekolahnya mewakili Propinsi Jawa Tengah maju ke Tingkat Nasional. Alhamdulillah meraih Jura I.Semiga peristiwa seperti ini bisa terulang lagi

    Sebelumnya di tahun 2012 Wildan juga menjuarai lomba yang sama di tingkat propinsi ,dan maju di tingkat Nasional di p. Lombok tepatnya di Senggigi Mataram meraih juara 4.

    Mas2 dan Mbak2, doakan terus adik2 kalian SDN 1 Sulang tetap eksis dan berprestasi,

    Baik-baik kalian dimanapun kalian berada .
    Allah bersama kita.

  2. SD yang memberi banyak sensasi dalam hidup masa kecil saya, 6 tahun saya belajar di sana, memang masih angkatan muda, tp sekolah tersebut tak pernah Lekang di hati saya.
    Setiap ada cuti saya selalu kangen dengan keadaan kota kecil yang bisa menentramkan hati saya.
    terima Kasih Sulang..

  3. mbak intan ini keren yaaaaaaa
    udah cantik, cerdas eh ketambahan penter nari….

    teruskan mengapresiasikan semua yang kmu senangi

  4. Salah satu kebanggaan sebagai salah satu alumni SD N 1 Sulang, sampai sekarang pelajaran seni yang telah diberikan pada waktu itu yaitu seni tari ( kursus di bu Harsi,ibuke inu ) dan ibu Martini ( inget banget dengan tari kalo-nya) , pernah ada kursus tari bondan di rumahnya vivi dan akhirnya mengantarkan saya untuk tetap menghargai dan melestarikan kearifan lokal..
    Meskipun sudah lama tidak menari, dan tinggal di metropolitan…saya tetap berusaha mengembangkan citra diri yang tak melupakan seni tradisional.
    Bagi kawan-kawan yang ke Jakarta, mampir di l. Bulungan belakang Blok M Plaza itu tempat ngumpulnya seniman-seniman jawa…
    Bagi yang mau apresiasi seni, datang aja ke ” WAPRES”..Warung Apresiasi di Bulungan.
    Bisa menikmati berbagai macam karya seni…

  5. Bagaimana caranya untuk mengirimkan article di blog ini.

    Ada beberapa cerita dan kisah yang akan saya kirimkan ke blog ini.
    Tetapi masalahnya bagaimana mengiirmkan ke redaktur.

    Thanks

    Wn

    Silahkan kirim cerita njenengan ke: desa.sulang@gmail.com, Mas. Kami tunggu lho. U.

  6. Halo, Gobang ! Email dari saya tentang cara ngingu brengos tebel dah masuk belum ya? Sedangkan untuk Dusone janjane mau saya kirimi resep ngingu jenggot panjang, tapi email saya mental terus je!

  7. untuk guru guruku tercinta khususnya guru SD 01 Sulang(bu endang, pak darmin, bu tatik,bu eni,pak anom,pak junet,bu tim,dll), saya mengucapkan SELAMAT HARI GURU dan tidak terkecuali untuk guru2 yag ada di Sulang semuanya..semoga apa yang beliau2 berikan bermanfaat untuk kita selamanya..

  8. Rasah dipikir singkatane..
    Ohya, wkt sd dpt rangking,ak pernah dihadiahi tas sekulah oleh pak camat, wkt it ya pak munadi, bpk’e goban,,

  9. Bu endang,yang tak lain ibuk-nya mas kuntop yang ngajar aku di kelas 1 SD.walopun 1 tahun aku masih ingat betul bubur kanjine bu juned.rasane mak lerrr,NakNget.Trus aku pindah SD IV, dadi tonggone “Mbak Kas” leh (ibuke uun).satu2nya penjual ja2nan di SD IV.tapi walopun sendiri,dia tidak memonopoli lho,harganya masih standar harga SD.Hidup Mbak Kas…

  10. Saya juga SD di sini. Sempat terjadi pergantian kepala sekolah dari Pak H. Muttaqien ke Bu Siti. Guruku kelas 1 Bu Jeki, kelas 2 Bu Endang, kelas 3 Bu Jeki, kelas 4 Pak Untung, kelas 5 Pak Mat, dan kelas 6 Pak Untung lagi sebelum kemudian pindah dan digantikan Pak Mat lagi. Guru olah raga Pak Juned, Guru Musik Bu Nik, dan Guru agama Bu Tatik.
    Wawan a.k.a Emping teman sekelasku pernah ikut lomba membuat robot atau apa ya? Trus menang gitu deh tingkat Rembang. Entah sekarang masih bisa bikin robot atau tidak.

  11. dulu sy juga sempat mewakili SD satu pada cerdas-cermat sd se-kec.Sulang lalu maju ke tingkat Kab.rembang bersama Anton(cah pasar) dan wawan(pak wedono skr jadi Dr Kandungan) waktu itu diantar pakai mobil dinas bapaknya Gobang yang warna oranye,gobang masih ingatkah kau dengan mobil itu?

  12. monggo cah cah sulang kabeh ora usah alumnus tapi kabeh kudu eling nang aslineeeeee
    kabeh monggo podo mikirke perkembanganekuto cilik yo opo biso gede jenenge
    monggooo

  13. Welcome untuk Mbak Fifi, Sulang Online memang butuh kontributor cewek koq ! Untuk itu Pak Dhalang ngucapin salut banget buat kamu. Mudah-mudahan hal ini dapat disusul oleh miss miss yang lain (termasuk Mbak Inu dan Mbak Inut).
    Sekedar nambah dikit tentang prestasi SD Sulang 1 yang terbaru, yalah sebagai Juara III Lomba Hadroh Tingkat Propinsi Jawa Tengah di Solo pada bulan September 2008. Selain itu saat ini SD Sulang 1 bersama masyarakat dan wali murid tengah membangun Gedung Perpustakaan Sekolah, dengan harapan dapat meningkatkan budaya baca bagi anak- anak. Dan satu lagi …. Keluarga Besar SD Sulang 1 tengah mempersiapkan diri agar pada tahun depan (2009-2010) dapat ditingkatkan stratanya menjadi SD-SN (Sekolah Dasar Berstandar Nasional). Marilah para alumnus SD Sulang 1 memberikan dukungan sesuai kapasitas masing-masing ……

  14. aku pernah sekolah nang kene sampe kelas 3 sd
    di ulang karo pak darmin sing senengane ngunjukno clonone
    hahahahahahahahahaha

  15. Sek sek.. INu ki IkaNu to?? ooooo lagek mudeng aku. Lha Mbakyu inu ki tak kiro sopo. Proklamasi ne uwis terus ngerek gendero ne kapan mbakyu? Mbakyu Ratu ki nek Surobooyo ora to..

  16. aku lulus th 1987an..bersama M Tri Muda’i(Bungkik), Masiyah(BrangKulon,Mbak’e Ambeh Munari), kami pernah dpt juara 3 cerdas tangkas tk kabupaten lho…

Tinggalkan Balasan

