Surat Pembaca …

“Memupus Rindu”

Tulisan ini sekedar ungkapan perasaan tentang kerinduan saya untuk kembali nimbrung di tengah-tengah komunitas Sulang On Line yang kian ngrembuyung. Hasrat kian tak terbendung manakala penulis top yang akrab dipanggil Pak Dhalang Kondang, serta Lek Dwik (sing ngopeni Sulang on line) menyentil saya yang lama gak pernah menampakkan batang hidung di mediane Orang Sulang, dengan pertanyaan yang menggugah.

“Kok gak pernah nongol, opo wis ra peduli maneh?” ceplos Lek Dwik gak pake basa-basi. Belum sempat saya berkelit, Pak Dhalang juga nyelonong dengan pertanyaan yang lebih bijak. “Pripun kabare Pak War-Two. Kok dangu mboten ngregengake malih?” tanyanya halus.

Merasa aneh dengan pertanyaan Pak Dhalang, saya mencoba berfikir. Dahi saya berkrenyit mencoba mengurai ucapan beliau yang memakai istilah Pak War-Two. Dalam hati saya bertanya-tanya, “Pak War-Two? Apaan? Apa Pak Dhalang salah ucap?” gumamku dalam hati.

Belum sempat mendapat semua jawabannya, tiba-tiba Pak Dhalang nyelethuk seakan-akan ia mengerti jalan fikiranku yang terus berkecamuk memburu maksud sebutan War-Two tersebut. “Maksudnya War-Two itu, wartawan nyambi kamituwo!” terangnya sambil terbahak.

Mendengar penjelasan Pak Dhalang, saya dan Lek Dwik yang sejak tadi kebingungan, langsung meresponnya dengan tertawa lepas yang gak kalah hebohnya dengan tawa Pak Dhalang. “Oalah, gitu to pak, maksudnya!?” potong Lek Dwik sambil menahan tawanya yang belum juga habis. “Walah, kulo kinten menopo?” timpalku.

Setelah tawa mereda, seperti orang yang baru bangun tidur, ku jawab sentilan mereka sekenanya. “Njih pak! Tapi Alhamdulillah tiap hari kulo nggeh ngikuti terus lho??!!” jawabku mencoba berkelit. Ya! Meski lama saya gak urun rembug, tiap hari saya sempatkan untuk menikmati tulisan teman-teman yang kian warna-warni.

Saya yakin, turun tangannya para pini-sepuh untuk ngramekke blok Sulang, membuat teman-teman lebih nyaman dan bersemangat ngopeni Sulang on line. Setidaknya, itulah yang pernah diungkapkan Kang Dwik kepada saya, yang kerap ketemu hampir setiap malam di warnete Lek Pendhek.

Sentilan Pak Dhalang dan Kang Dwik, tak berlalu begitu saja dari pemikiranku. Dalam hati kecil, jujur saya merasa malau karena minimnya kontribusi yang saya berikan untuk media yang dirintis oleh Kang Paijo (istilah yang sering saya gunakan untuk memanggil Kang Uud, pemangku blok Sulang) dan teman-teman lain.

Selaku anak muda Sulang, saya merasa tergugah. Kalau yang sepuh saja sudah nyengkuyung, kenapa kita yang muda masih ogah-ogahan? Kesadaranku berucap, “Inilah media komunikasi untuk bersama-sama memikirkan kampung kita. Ayo podho di ipuk-ipuk keben ngrembuyung!”

Sepenggal kata tentang Sulang, menyimpan beribu makna tentang kenangan, harapan  yang terpatri dalam benak saya, seperti senandung Sulang yang kerap saya dan teman-teman nyanyikan di setiap pentas 17an.

Tentrem…, tentreme ayem…, resik lan adhem…, mbudi dhoyo ngramekke dheso.., ra mikir pamrihe rekoso.., abot entheng podho di songgo….

Sulang.., ra nate ilang.., bab kerukunan.., cilik gedhe enom lan tuwo.., nyawiji mbangun jiwo rogo.., ora lali marang kang Kuoso…..

Gandheng tanganmu ayo bersatu.., jabat tanganmu ayo maju.., sumbang ilmumu sumbang kringetmu…

Atiku.., atimu.., Sulang baru mesti maju….

(Sulang  06 Nop 08)

41 thoughts on “Surat Pembaca …

  1. makane kuwi

    jangan sampai terjadi

    hati2 semua harus bisa legowo

    jangan membawa golongan ata atribut kalau memang masuk di forum

    semua sama… warga sulang DC

  2. sebuah forum memang perlu

    tapi saya hanya ingatkan

    kita harus samakan misi dan fisi kita

    jangan sampe kita di tunggangin unsur2 yang bisa membelokkan tujuan utama kita

  3. Wah ! Mr War-Two (Wartawan nyambi Kamituwo) nakalan sih? Abiz “memupus rindu” terus “go go go ” lagi. Nih ada pe-er buat kita semua. Gimana kalok Bloger dan masyarakat Sulang kita ajak ngrintis ndirikan semacam FOKMAS seperti di Rembang dan Lasem? Oce, Men?

  4. Wah ! umpama bisa gitu, hujan Malang tak suruh ngirim via internet ke Sulang City, biar sumur-sumur dapat berair kembali. Gimana ? bisa nggak ya, Gus ? en salam tepang sama pren Anda Mr. Bob itu. Dianya termasuk cah Sulang juga atawa temen lain ?, mbok kalok berani suruh aja sekalian masuk ke grumbul ini ! biar tambah semarak, oce, men…………

  5. nggih pak kid…
    saya selalu pantau perkembangan sulang online………………
    malam ini saya sama teman dari rembang mr.bob lagi pantauuuu
    gimana sulang mr kid?
    di malang hujan derassssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  6. Wooooooo ! tak lacak ke situs mana-mana jebul Gus Gobang di sini to, kangen-kangenan sama Pak Walkot al. Pak PD II (maksud saya bukan Pembantu Dekan lho, tapi Perang Dunia II). Ho-oh…Perses Sulang atawa Buana Sulang Foodball Club, dan cabang-cabang OR yang lain perlu di-ithik-ithik, biar njenggereng maneh. Tuk Gus Gobang : Are you lagi koming ??????????

  7. Alhamdulillah kabr apik sedulur kabeh.
    Wah boleh lek dwik lagu sulang dibarengi gitar bolong. kapan?
    oiya kagem pak Kidhal, suwun ingkang kathah dah paring banyak “kaweruh” kepada saya. dus jeporo, halah jo ngono mengko mundhak gr.
    pak wow2d, ndura,gobang, cah pasar lan kabeh, salam kangen wae karo sampeyan kabeh. Wod ndi foto psis se?

    PSIR kui jane ora luwih apek ketimbang sulang. nyatane PSIS Sulang peace terus rembang malah gelut.. jo kuatir aku rep neng jakarta nemoni hinca p, arep tak jalukke rukhsoh (kemurahan)….

  8. gobang iku arep protes opo lagi curhat patah hati….kok tidak biasanya berpuisi…goooooobaaaaaang kalo kamu lagi betul patah hati sy ikut prihatin.

  9. Gobang Kabeh isine….Piye kabare bang??
    Kasih Wekec Malang dunk…..Paketke ke Semarang Ye….
    Hwakakakakk..

  10. Om Lilian Thuram Jamboje…Yeah….GANSTER PSIR mania Pa kabar???Squad PSIR gimana keadaane??Menindaklanjuti Kasus panas kemarin…
    Semoga cepat terselesaikan…amin..
    BRAVO PSIR….BRAVO SULANG FC….BRAVO CAH SULANG……….yeah….

  11. Saat ku sadar
    kau telah hilang

    Kucari dari mata
    kau tak ada

    Kucari di hati
    kau tlah sirna

    Namun beda dengan sebelumnya
    Kali ini aku tak hampa

    Namun beda dengan sebelumnya
    Kali ini aku tak perduli

  12. Wah ! malem Minggu…. Yudhi P lara untu…. Warnetnya terus dibobol Duitor dari belakang, sehingga saya ikut kebagian dikit nangkringnya, alhamdulillah……..

  13. Pakdhe kidhal, mas wowod, mas ndura, kemarin malam saya kepanggih dg om ruby alias om yon di jepara..beliaunya sedang ada acara pelatihan pertanian bersama petani dan senior saya juga..

  14. budaya indonesia yang sudah menyatu dengan jiwa

    butuh revolusi bukan reformasi lagi

    opo maksud te ga ngerti aku

  15. Pa kabar pak thuram?gmn kbr PSIR. Pemain PSIR kae kok ngajar wasit kae piye?wasit diajar mesthi ono salahe.lha kok sing di hukum kok pemain PSIR tok?lha wasite? capek deh…

  16. kl sy menunggu ulasam mas tworam di sulang terkini,segmen berita dan gosip terkini di blog sulang…tak waiting tenan lho.

  17. Mr War-Two… sembah nuwun hawit saking kaparengipun rawuh wonten ing “wah” punika (centhangan : “wah” dipun pendhet saking “dhawah” –> dha – wah = ce -blok; sahengga wanda “wah” = “blok” –> blok = blog….ah embuh! nganti bingung nggonku ngomeni awit saka senenge ati…nganti Paijo durung tak openi….

  18. Selamat datang kembali kang thuram..njenengan adalah salah satu pemuda yg cukup membuat bangga dg kemampuan anda sebagai reporter, mc, wartawan, penyiar, dll..sulang butuh banyak talenta2 seperti njenengan…

Tinggalkan Balasan

