Sejarah Seni Pertunjukan Sulang (V)

Generasi Penerus Koesploes SMP N 1 Sulang Dekade 1995

Teks: Wephy Asprilicho (a.k.a Sapi Productions)

Musik memang tiada matinya hingga sekarang, selalu memunculkan generasi–generasi penerus khususnya Sulang yang kita banggakan. Berbicara tentang Artikel yang berjudul Sejarah Seni Pertunjukan Di Sulang kami jadi ingin bercerita sedikit tentang band eket – eket yang berdiri saat masih kelas SMP,tapi ada yang kelas 1 SMP karena kurang personel. Latihan juga di SMP N 1 Sulang, rumahe Doyok.


Personelnya antara lain :

Ariea Yonata ( Doyok ) : Keyboard + Lead Guitar

Muhammad Muis (Gimo) : Guitar + benagak bengok ( nyanyi )

Wephi Asprilicho (Sapi ) : Tukang pukul & Tukang Pancal

Benowo Prabandaru ( Sukandar ) : Bass Guitar

Nama Grup band kami adalah Bujang Plus yang dibimibing oleh Mas Son (Mase Gobet Suyanto).Nama Band ini diambil karena kita saat itu tren lagunya koesplus yang diarranger oleh JUNIOR. Band kami tetap membawakan lagunya koesplus, saya ingat lagu pertama yang dipakai latihan judulnya “Buat apa susah”, namanya juga band eket – eket sehari gak kompak blas. Akhirnya besok latihan lagi deh…trus….jadi……

Tiap selesai latihan pasti kita minum Es degan depan SMP, namanya anak sekolah kalau beli pasti urunan uang receh dari Rp.50,- sampai terkumpul Rp.1000,- baru berani beli. Maklum namanya juga bujangan belum punya penghasilan tetap.

Tibalah saat kami pentas perdana dan langsung didepan Bapak Bupati Rembang ( saat masih Bapak Hendarsono ) di Balai Desa Sulang. Suasana hati campur aduk kalang kabut nerveous walaaah embohh…grogi kabeh. Saat itu Bpk Bupati sedang meninjau daerah Sulang tentang perbaikan sistem jalan aspal dan Alhamdulillah walaupun Bupati sudah ganti, jalanan sudah diaspal semua. Tiba acara kami manggung membawakan 5 lagu dari koesplus dengan judul : Buat apa susah,Layang – layang, Kisah sedih hari minggu,Bujangan,Diana Wah…seru bangeett kita bangga bisa buat para pejabat geleng kepala menikmati musiknya.

Hanya itu dulu cerita tentang Musik dari saya,makasih buat Mas Son yang telah memberi inspirasi koesplus buat kita terutama para pemusik Sulang dan buat yang lupa belum disebutin namanya.

BRAVO MUSIK SULANG

27 thoughts on “Sejarah Seni Pertunjukan Sulang (V)

  1. Sory..yen commentnya telat..
    Buat Sang penulis alias Sang Drummer band alias Mas Wephi Asprilicho,
    Kayaknya ada cerita yang kurang nie.. (pas ada 2 calon penyanyinya yg kabuuur saat pertama kali latihan,He2..) Atau.. ga perlu masuk dalam cerita kali ya…
    Bagus tuh buat diteruskan oleh bibit2 muda yg baru..
    Salam…

  2. wah sulang pancen duwe drummer sing hebat tenan yo kuwi mas wephi…tropelane juosssssssss tenan mas. sulang ono peneruse lho….drumer sing imbang karo mas wephi…yo kuwi mas wahyu..drummerku iki yo pancen top bgt…awal kali aku bentuk band karo wahyu kelas 3 smp” roizt melodi, ak bassise & wahyu drummere…vokalis belum punya” nek wahyu moco koment iki mbok kowe jaluk warah mas wephi yu…ok! kpn ngeband maneh yu.

  3. Ayo Mang,kapan maen Blues maneh aku wis kebelet.Kue moro Sulang kapan?Aku pengen garap lagune Gary BB Coleman.

  4. Ayo Mang maen blues maneh,aku wis kangen iramane sing marahi aku menikmati tenanan.Kue moro Sulang kapan?

  5. O…o…o…o…….., jebulnya Cah Pasar kuwi ya seorang Bassis to? Kalo gitu mbok ngeposting pengalaman yang unique-unique gitu lho, men! Dan buat Wephy, saya salut banget lho. Ayo dong, nambah lagi tentang Bujang Group-nya. He Wep, you kelingan nggak waktu pentas Band di Joglo Balai Desa Sulang dalam rangka tujuh belasan (entah saya lupa tahunnya). Waktu itu saya hadir sebagai undangan resmi (Yah, nggak ketang mung kapasitas sebagai ketua RT), dan lagunya kalo nggak salah ” Muda Mudi”- nya Koes Plus….dan ketika you in action drum, ndilalah stiknya tugel (mungkin saking semangatnya). Untungnya Mas Tarom yang saat itu sebagai nounser, dengan cepat nyarikan stik cadangan. Plong…rasanya, pergelaran jalan kembali.
    Oh! ya, makasih banget atas reques saya waktu group kamu pentas di Kantor Kecamatan bl. Oktober 2008 kemaren. Saya coba ngetes dengan reques lagu “Api Dalam Tungkunya- Koes Plus” (entah lagu ini judulnya saya lupa) lho koq bisa! Hebat! hebat! Terusin, gaya kamu ngedram sudah hampir persis sama Muri. Bravo Bujang Group……….

  6. ada band diSMP pertama kali yo angkatanku wep (alumni 89) vokalise Temok,drumer linis pak takin,cah mantingan gitarise,aku dewe pegang bas,saiki suruh pegang bas ora iso tenan..sering kecepetan.wep kapan-kapan ngeblues yo…

  7. wuihhhh iki lo tulisan gaya pak satpam…… met malam pak ….. tak tunggu tulisan berikutnya… ya…. ya…… ya….. (sory Pi…. rasah nesu lho ya….., tak jaluki sate maneh ngko…..)

  8. Saya termasuk salah satu orang yang mengamati bagaimana orang berlatih main drum set, dari pertama SMP Sulang punya Drum Set, kayaknya Wephi lah siswa yang dikasih mandat buat berlatih. Dan semakin lama teknik bermain drum-nya Wephi lebih matang dan sesuai karakter beat Koes Plus. Ropel-nya yang sulit akhirnya bisa dikuasai dengan mudah oleh Wephi. Ariea Yonata, suarane bagus, FBRTV banget, kalo ada Inonesian Idol sejak dulu mungkin Ariea ‘Doyok’ bisa Ngalahin Mike Idol atau bahkan David Archuleta, Maksod Loe ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s