Sulang Dulu Hijau Lho …

Teks: Dwi Yoga Nugraha

Sepertinya akan menjadi kemarau yang sama dengan tahun lalu. Panas, debu berterbangan (jangan membayangkan seperti di film2 Cowboy Texas ya !!!). Fenomena jalan yang akan ramai di malam hari, ramai oleh warga yang ngangsu. Mungkin saja itu akan menghiasi kehidupan di desa kita. Memang sih, pihak pengelola air minum daerah sudah membuat semacam piranti distribusi air, tapi mungkin untuk saat ini belum mencukupi kebutuhan air seluruh desa. Yo paling enggak itu lebih mending dari pada tahun lalu.

Yuk kita flashback ke masa kecil kita di saat Sulang kita masih ijo royo royo. Masih luas sawah hijau yang bikin mata sejuk dan tentram hati. Kancane (teman) pasti masih kelingan sepanjang jalan menuju arah Pomahan. Banyak Pohon Mahoni yang menaungi jalan, kiri kanan masih banyak sawah dan air gemericik. Sesekali kita bisa Nawu Wader atau Kething di kalen-an.

Kita memang gak bisa nunjuk siapa untuk dijadiken kambing hitam. Namun Wis kadhung ngene bukan berarti kita biarkan saja. Rasanya muluk-muluk kalau kita akan menjadi pahlawan untuk membuat lingkungan desa kita hijau seperti dulu lagi tapi paling enggak kita bisa berbuat sesuatu walau kecil. Memenuhi rumah kita dengan tanaman hias misalnya, seperti yang di lakukan pak Mat Anom yang mnciptakan halaman rumahnya penuh tanaman hias jadi sedap dipandang.. Atau juga buat temen yang punya ternak, coba deh kalo ramban jangan dipangkas sak uwit-e Atau juga buat cewek-cewek nih, gak usah malu bercocok tanam, nanam bunga, atau tanaman hijau lainnya. Bagi cowok kayaknya lebih syahdu kalo liat cewek di depan teras lagi nyiram bunga, wis bocahe ayu gelem nandhur-nandhur sisan he he he 

Aku yakin kancane iso. Kancane oleh nakal, mbolos sekolah, udud (terus), atau maen PS tiap hari. Tapi jangan lupa tetep menghijaukan lingkungan. Mbeling tapi sumbud ngono lho cah. !!!

4 thoughts on “Sulang Dulu Hijau Lho …

  1. jadi terharu….
    texasku sayang, texasku malang.
    Dah rame lagi ya blog kesayangan kita . Alhamdulillaaaah……
    btw tetep semangat ya buat para priyayi sulang eh texas ding

  2. saya sebenere agak bangga jikalau sulang menjadi Texas, dengan tampilan penduduk yang agak mirip2 cowboy,jadi sdikit kerenlah, tapi nek kekurangan banyu yo ntar dulu, masak cowboy ra adus? yo mungkin bener kita harus tandur2 minimal nandur Kaktus lah heee…ben malah ndak karuan, masalahe akeh erine (duri) hehe, mas dwik thanks kowe pancen bocah pinter senajan lemu…

  3. yo mungkin 5 tahun kedepan sulang bisa jadi kayak texas’wong ora ono banyu kering, yo kita tinggal nyelengi untuk brli jarane, lak yo ngono cah…., leres mboten mas dwik, jadi besok ada pribahasa “texas ra texas asal ngumpul’ wis mumet aku…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s