Sulang FC, Wadah Berbola Ria ala Sulang

Pengantar: Setelah beberapa saat lalu kita menyimak ulasan lengkap tentang musik di Sulang, kali ini kita bisa menikmati laporan Siwi tentang sepak bola di Sulang. Mestinya PSSI tuh baca ini biar tahu diri dan tidak ngengkel seperti sekarang.

Selamat membaca

***

Oleh: Awal’s

Di desa sulang ada satu klub yang akan mewakili desa sulang di Sulang Syawalan Cup VIII 2007 ini, yaitu Sulang FC. Mau tau sejarahnya? Simak terus tulisan

Tak terasa sudah hampir satu bulan sejak Idul Fitri. Berarti ada satu hajatan yang menjadi tradisi di lingkungan desa sulang untuk urusan sepak menyepak bola yang hampir melegenda, Sulang Syawalan CUP. Turnamen sepakbola antarkampung yang sudah measuki edisi ke VIII. Sebuah turnamen yang digagas oleh mas Diduk dan mas Tarom (belakangan lebih dikenal sbg Thuram), yang diharapkan akan menjadi sebuah turnamen yang prestisius sehingga dapat menjadi sebuah kawah candradimuka bagi pesepakbola2 muda di Sulang untuk menjadi pemain jempolan mengalahkan era Bah Dowo atau Hadi Surento.

Sulang FC, satu kata yang pasti akan terbayang dengan jelas dipikiran kita adalah sebuah satu wadah dari pemuda Desa Sulang untuk menyalurkan hobi bermain sepakbola di lapangan legendaris kita di RW VII (Karanganyar) yang sangat representatif karena memiliki fasilitas terbaik di negeri sulang. Sulang FC lahir akibat vakumnya klub masa lalu di desa Sulang seperti Perses atau Buana yang sempat menjadi buah bibir karena sering merepotkan klub-klub yang lebih mapan seperti PSIR Rembang di masa lalu (walaupun mungkin hampir ga pernah menang, hanya merepotkan!), sehingga para pemuda di desa Sulang ingin membuat wadah satu tim sepakbola yang dapat menyatukan semangat, keringat atau sekedar penyaluran hobi tanpa memandang asal-usul RW setempat.
Sekitar pertengahan tahun 2004, di desa Sulang sudah tumbuh janin-janin klub sepakbola yang dikelola agak profesional tetapi selalu menunjukkan nuansa derbi yang penuh gengsi yaitu Canio FC versi Sulang tengah dan Sinderland FC ala Gaplokan. Apabila bertemu, sehingga (percaya ga percaya..) para pemain dari dua klub tsb jarang ber ’guyon’ bersama.

Canio FC menjadi basis pemain dari Sulang tengah, Brang lor Karanganyar dan Nggalgedhe. Sementara Nggalsari, Nggaplokan, dan Sulang Kulon memilih bergabung dengan Sinderland FC. Kedua klub ini sempat mengikuti syawalan cup I dan II, sebuah turnamen ala desa Sulang yang pada tahun ini sudah memasuki edisi ke VIII, tetapi dengan sukses keduanya tak pernah menjadi juara walaupun bertindak sebagai tuan rumah.

Kembali ke pertengahan 2004, saat prestasi kedua klub tersebut tak juga menemukan titik terang muncul ide dari masing-masing pengurus kedua klub tersebut seperti Huk, Benu dari Canio dan Peni, Mbi’ong atau Mbah Mblung dari Sinderland untuk menggabungkan kedua klub tsb untuk merger membentuk Sulang FC. Dan sampai sekarang Sulang FC, meski secara kembang-kempis dan terengah-engah masih tetep eksis sampai detik ini.

Demikian secara singkat perjalanan dari Sulang FC, semoga tetep eksis sampai anak cucu kita karena disadari atau tidak Sulang FC sekarang menyatukan para pemuda desa Sulang untuk bersama-sama berjuang dalam sepakbola. Demikian sejarah singkat dari Sulang FC yang diambil dari beberapa sumber dan ingatan yang masih ada.

Berikut daftar pemain yang akan diturunkan pada turnamen tersebut, barangkali (sebagai warga Sulang) anda mengenal dan dapat mengirimkan doa atau dukungan dengan harapan pada turnamen kali ini dapat berprestasi lebih baik.

Penjaga Gawang

Henry alias Nggombel (asal Nggaplokan)
Pemain paling potensial di Sulang FC, sempat mencicipi PSIR Junior dan PSIR U-23.Sayang jalan hidupnya menentukan Nggombel menjadi pengabdi negara di kepolisian Rembang, selamat bertugas Bos! Pemain kunci di Sulang FC

Agung alias tompo (Nggalsari)
Kiper cadangan abadi dari Nggombel, tinggi besar gemuk. Sayang tangan mentega dan mental tempe menjadi kendala untuk berkembang lebih baik… (sory Tom… serius ki..he3X jo sering nangis yen blunder yo!) Sehari-harinya mengabdi untuk Negara di Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, sukses Bro!

Defender

Siwi alias Barkouwi (Sulang Tengah)
Nah ki yang buat…. Masa ga diapik-apike! Pengalaman ikut seleksi di PSIR U-23 menjadi modal untuk memimpin rekan-rekanya untuk ga kebobolan lebih banyak, Sayang mahasiswa semester akhir PTN terkemuka di semarang ini …(ngaku ki..) sering blunder karena overacting dan kesulitan menjaga emosi jadi kelemahan yang harus cepet diperbaiki oleh Maman Abdurrahamannya Sulang FC ini (weleh!).

Juwahir alias Cuk (Kemadu)
Cepat, keras, tak kenal kompromi. Menjadi ciri khas permainan Cuk yang sehari-hari tongkrong sebagai pengisi pulsa masyarakat Sulang. Sayang (lagi2) kelebihan itu tak diimbangi dengan berpikir cepat (lebih tepate telmi), sehingga butuh pasangan duet yang dapat mengatur permainannya

Anam alias Germo (Kemadu atau Cabean)
Salah satu personil Sulang FC yang berasal dari ….. Kemadu atau Cabean ya?? Fabio Cannavaronya Sulang FC, karena fisiknya yang kecil tapi tak menjadi kelemahan karena pengalaman, ketenangan dalam membaca serangan menjadi salah satu andalan di lini belakang Sulang FC

Yudha tanpa alias (Nggaplokan)
Menjadi calon bintang di lini belakang Sulang FC di masa mendatang setelah secara mengejutkan berhasil menembus tim kecamatan Sulang U-23 beberapa waktu lalu bersama Nggombel, Siwi, wahyu dan Ndoweh. perlu pengalaman dan rengen lebih banyak agar matang dan lebih tinggi…(he3X)

……alias Cuplis (sory Plis, aku wes takon cah2 tp do lali jeneng aslimu!) (Kemadu)
Salah satu pemain serba bisa, bisa bek, bisa gelandang, bisa, bisa lari lari doank n bisa ….. bisa aja

Rony alias Keplek/Bajul (Nggaplokan)
Gares dan Gaprekan jadi stereotip pemain satu ini, selain temperamen yang tinggi. Cocok untuk menjaga pemain bintang tim lawan. Putra salah satu tokoh sepakbola ternaman di Sulang ini tak pernah punya takut selama maen di Sulang. Sayang kurang kekar untuk pemain dengan tinggi menjulang seperti Bajul

Danar alias Cipleng (Karanganyar)
Masih sulit menebak karakter dari pemain ini, kadang bisa bermain sebagai kiper atau bek. Perlu jam terbang lebih banyak untuk dapat menembus tim utama

Kholili alias Tholiban (Nggaplokan)
Penjaga setia foto copy Nggalsari ini dikenal punya stamina luar biasa di tim, tak pernah lelah mengejar bola walau ga kena-kena. Posisi wing back jadi posisi favoritnya

Gelandang (atau gelandangan)

Wahyu alias Gondes (Sulang tengah)
Playmaker Sulang FC, lincah, gesit dan mempunyai wawasan dalam membaca permainan yang baik memaksa pelatih kec. Sulang U-23 waktu itu memasukkan namanya dalam tim walau jarang ikut latihan. Putra dari bu Harsi ini memiliki kelemahan pada Fisik dan stamina.

Said alias Jaiman Jr.
Pemain yang (menurut aku..) tiba-tiba gedhe ini tahu-tahu sudah mampu menembus tim utama di Sulang FC. Cocok sebagai perusak permainan lawan setelah berdiri sebagai defensive midfielder di depan bek. Kecepatan dan kurang bras-bres jadi kelemahan dari said

Anton alias centon (Nggaplokan)
Adik dari dudung ini sebenarnya punya kemampuan menjadi playmaker layaknya andrea Pirlo di AC Milan tapi sayang tak pernah diimbangi dengan niat dan selalu muncul kesan malas pada permainannya. Masih perlu banyak belajar!

Yanto I (Brang kulon)
Sebagai pemain sayap termasuk pemain dengan kecepatan lari yang tinggi (tapi ga tekan-tekan), tak diimbangi dengan berpikir yang cepat juga (alias…) menjadikan kelebihan nya selalu mubazir dalam seiap permaianan. Masih perlu di sekolahkan untuk mencapai standart Sulang FC.

Yanto II alias Kamto (Kemadu)
Dapat bermain sebagai wing back atau kanan luar (minjem Istilah yang sering di pakai anouncer PSIR yang sebenere sampai sekarang aku ga tau artine. Luar garis ya’e), dilengkapi kekuatan pada kedua kakinya cocok sebagai pemain sayap sebagai pemasok bola crossing untuk striker. Kelemahannya terletak pada speed dan bentuk tubuh yang terlalu kurus

Striker
Ndura/Ndaru/Benowo alias Kandar alias Bendot (Sulang tengah)
Menjadi striker sejak di Canio FC setelah sebelumnya lebih banyak menjadi bek. Kuat, punya dribel diatas rata-rata. Putra kedua dari dalang terkenal di desa Sulang ini sedang melanjutkan pendidikan S-1 sembari berkerja sebagai tukang salam di salah satu perusahaan telekomunikasi. Kelemahannya lebih ke sentuhan pertama

Rendra alias Ndoyo (Branglor)
Cepat, lincah, licin menjadi kelebihan pemain yang satu ini. Sayang fisik dan komitmen untuk sulang FC masih perlu dipertanyakan!

Agus alias Ndoweh (Karanganyar)
Klo di football manager utnuk pemain muda ada istilah wonderkid, di Sulang FC hanya jadi milik Ndoweh. Permainannya menutupi usianya. Niat dan fisik yang menjadi kelemahan bocah asli Lapangan ini

Pidi (Nggalgedhe)
Lambat, telmi dan kurang greget adalah ciri permainannya. Pemain Sulang FC memiliki kelebihan hanya pada tinggi badan tanpa diimbangi akurasi heading yang baik. Perlu banyak latihan kayaknya

Ari alias Keju (Nggaplokan)
Salah satu kelebihannya….. apa ya!Pokoke perlu masih banyak belajarlah1 OK! Sip!

Official
Kukuh alias Huk (Sulang tengah)
Mantan bek dan kapten Sulang FC generasi pertama ini sekarang lebih banyak mengurusi sepakbola di balik meja. Tapi apapun itu komitmen dan fokusnya untuk Sulang FC perlu di acungi jempol.

Demikian anggota Sulang FC yang sementara ini akan diterjunkan di turnamen sulang Syawalan Cup tahun ini, jika Anda sebagai warga sulang yang telah sukses berilah dukungan berupa apa saja (sekedar Doa juga boleh) semoga pada edisi kali ini sulang FC tidak menjadi sekedar pelengkap saja.

Trims n wassalam

18 thoughts on “Sulang FC, Wadah Berbola Ria ala Sulang

  1. Tenane leh ng sulang wis ono lapangan futsal.. ono rumpute ra??? rumput plus sapi sak weton ususe???
    Yo, ngko nek muleh maen putsal, tp wowod ro ndura rasah dijak, nepotis sejati cah 2 kae…
    he3….. piiissss…..piiiiii…..

  2. aku melok futsall entuk ora yu?tapi aku striker ae yo.terserah pasanganku sopo, karo eonk yo ra popo.gibon kon bek karo siwi,ndura karo wahyu tengah ae.hook karo komplong sayap.tapi jan2e futsall pemain piro leh?

  3. wes enek bon,neng kecamatan..sesok nek kuwe muleh maen futsal bareng2…ha…ha..ha..
    jo lali kandar dijak..

  4. nek bal2an terus kpn futsale?? saiki khan lagek usum2e futsal leh, mbok nggawek lapangan futsal cah, elek2an yo gak popo, ben nek ee mbok menowo ujug2 mak bedunduk ng rembang ono kompetisi futsal ben cah2 sulang iso melok, ben gak kaget po neh tom2en…..

    nek wong sulang tengah ngomong, biar gaul gitu leeh…

  5. denger2 si roni (anak pak khamdani yang jualan ayam) masuk junior rembang ya?
    hai blog-rss!!!!sepi amit?pada kemana?sibuk banget to?yah, ngaturaken sugeng sibuk kemawon nggih sederek2 sedaya

  6. wah sory2 lama ga ‘naik’
    akhirnya dengan segenap perjuangan sulang FC tepar di tangan PSAW waru di babak final dengan skor 3-0, cukup telak karena memang pada akhirnya PSAW waru menjadi juara setelah di final mengalahkan BOCSA Rembang dengan adu tendangan pinalty,
    babak adu pinalty sendiri digelar setelah kondisi lapangan tidak memungkinkan akibat hujan yang sangat deras sehingga mengakibatkan lapangan bak kolam renang

  7. Syawalan Cup update
    selasa, 11 desember 2007,
    Sulang FC Vs Gedangan galaxy 2-0 (Siwi pen, Fatkur)
    kemenangan pertama yang membuat peluang Sulang FC ke semifinal menjadi besar

    kamis, 13 Desember 2007,
    Sulang FC Vs Deso Pomahan 1-2 (anton; Yudhi, Ndoyo)
    partai derby yang diwarnai 6 kartu kuning dan satu kartu merah untuk siwi, diluar dugaan Ndoyo yang selama ini menjadi penduduk sulang ternyata memilih untuk memperkuat pomahan! entah apa yang ada di hati dan pikirannya?
    tapi apapun hasilnya peluang Sulang FC ke semifinal masih ada…

  8. iyo mas bener, wong kuwi matoh tenan, awake isine sikut tok, yen cedak2 mesti keno sikute, tapi saiki wes tuo, wes dadi veteran

  9. Mas, biyen ana pemain jenenge Tris (BrangLor), isih dikanggoke ra? Apa saiki wis ketuan? T o p B g t lho, drible-nya, postur and speednya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s