Sugeng Rawuh

Seperti yang Anda baca di banner, saya sama sekali tidak mengandaikan blog ini akan menjadi ajang untuk sekedar mengenang bahwa saya pernah besar di desa Sulang. Saya juga ingin berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk desa ini.

Bagi Anda yang belum tahu Sulang, berikut sedikit gambaran tentangnya.

Desa Sulang berada di selatan kira-kira 30 menit dari kota Rembang, Jawa Tengah. Tidak ada yang istimewa dari desa ini selain karena desa ini pernah menjadi persinggahan sementara RA Kartini setiap kali melintas dari Rembang ke Bulu. Di kemudian hari di Bulu inilah beliau kemudian dimakamkan.

Selain R.A. Kartini, sastrawan besar Pramoedya Ananta Toer juga pernah singgah -lagi-lagi hanya sementara- sebelum melanjutkan perjalannya dari Blora ke Rembang.

Barangkali, jika dibanding dengan daerah-daerah lain di wilayah NKRI, maka belum banyak warga Sulang yang mampu berkiprah di tingkat nasional. Tetapi tidak berarti tidak ada sama sekali. Mantan Gubernur Jawa Tengah, Bapak Moenadi, pernah menghabiskan masa kecil beliau di desa ini. Demikian juga Anggota DPRD Jawa Tengah, Bapak M. Soehoed, lahir dan besar di bagian timur desa ini. Dan di kabinet Indonesia bersatu yang dipimpin oleh SBY, ada Bapak Maftuh Basyuni -menteri Agama- yang juga pernah menghabiskan masa kecilnya di sini.

Sekarang, banyak anak muda Sulang yang telah berjuang di hampir seluruh wilayah nusantara, bahkan penjuru dunia. Blog ini ingin merekatkan kembali potensi-potensi itu semua untuk membangun Sulang.

Wassalam